Minggu, 11 November 2018

Karakteristik Produk

4 Karakteristik Produk Jasa Menurut Kotler

Produk berupa jasa memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk berupa barang. Menurut Kotler terdapat 4 karakteristik yang dimiliki oleh jasa, yaitu:

1. Tidak berwujud (intangibility)
Jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud. Tidak seperti produk fisik, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, didengar, atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Misalnya seseorang yang menjalani “perawatan kesehatan” tidak dapat melihat hasilnya sebelum membeli jasa tersebut. Untuk mengurangi ketidakpastian, pembeli akan mencari tanda atau bukti dari mutu jasa tersebut. Konsumen akan mengambil kesimpulan mengenai mutu jasa tersebut dari tempat, orang, peralatan, alat komunikasi, dan harga yang mereka lihat.

2. Tidak dapat dipisahkan (inseparability) 
Jasa umumnya diproduksi secara khusus dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan, sehingga mutu dari suatu jasa terjadi pada saat pemberian jasa. Interaksi yang terjadi antara penyedia jasa dan konsumen sangat mempengaruhi mutu dari jasa yang diberikan. Terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh penyedia jasa untuk menjaga mutu pelayanannya yaitu:

a) Bekerja dengan kelompok yang lebih besar, jadi pelayanan yang biasanya diberikan orang per orang sekarang langsung beberapa orang.
b) Bekerja lebih cepat.
c) Melatih lebih banyak karyawan dan membina keyakinan pada diri konsumen.

3. Keragaman (variability) 
Jasa sangat beragam, artinya memiliki banyak variasi jenis dan kualitas tergantung pada siapa, kapan, dan di mana jasa tersebut disediakan. Para pemakai jasa sangat peduli dengan keragaman yang tinggi ini dan seringkali mereka meminta pendapat orang lain sebelum memutuskan untuk memilih. Untuk menjaga mutu pelayanan dapat dilakukan melalui:

a) Investasi dalam seleksi dan pelatihan personalia yang baik.
b) Melakukan standardisasi terhadap proses kinerja di seluruh organisasi tersebut.
c) Memonitor kepuasan konsumen baik melalui sistem pesan dan kesan, survei konsumen, dan sebagainya.

4. Tidak tahan lama (perishability)
Jasa tidak dapat disimpan karena sifatnya yang tidak berwujud fisik. Ini tidak menjadi masalah bila permintaannya stabil karena mudah untuk melakukan persiapan pelayanan sebelumya. Tetapi jika permintaan berfluktuasi maka akan menimbulkan masalah.

KEUNGGULAN DAN KARAKTERISTIK PRODUK

– Efisiensi Modal
Dalam transaksi ini menggunakan margin trading , sehingga investor dapat membuat kesepakatan besar dengan modal yang relatif kecil . Margin setidaknya 10 % dari total nilai transaksi , tidak perlu 100 % .
– Transaksi Fleksibilitas
Transaksi dua arah yang memungkinkan investor untuk mendapatkan kesempatan saat harga bergerak naik atau turun .
– Pergerakan Harga sangat Fluktuasi
Pergerakan harga harian kisaran sekitar 100-500 poin untuk indeks yang mendasari dan 10-50 poin untuk mendasari emas spot memberikan kesempatan besar . Ukuran kontrak US$ 5 / point untuk indeks dan 100 troy ounce untuk emas Loco , dan hanya dikenakan Pajak Pertambahan Nilai ( PPN ) sebesar 10 % dari komisi .
– Likuiditas Tinggi
Produk ini memiliki tingkat yang sangat tinggi likuiditas , sehingga investor dapat membeli dan menjual transaksi setiap saat selama menjalankan pasar , tanpa antrian di harga pasar .
– Jenis Transaksi Tingkat
Ada dua jenis kurs transaksi yang :
a . Fixed Rate / Tetap Tukar US $ 1 = Rp 10.000 ( fixed rate) – Hindari risiko kerugian akibat fluktuasi USD / IDR
b . Floating Rate : Tergantung pada fluktuasi Dollar AS terhadap Indonesia Rupiah (IDR ) . Tidak ada biaya tambahan kliring dan parsial / semua proses penarikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Iklan di Instagram Ads

  1. Mengoptimalkan Penggunaan Instagram Ads Jika target audience Anda banyak yang menggunakan Instagram, tentu beriklan di Instagram A...